Monday 10 November 2014

Pahlawanku, Lihatlah Indonesiamu Kini

          Hari ini adalah hari pahlawan, yang ditandai dengan perjuangan para pahlawan tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya.  Perjuangan itu tidak semata-mata untuk menyelamatkan kota Surabaya dari pasukan Belanda.  Pertempuran ini juga merupakan pertempuran yang pertama setelah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia. 
Heroik sekali perjuangan Bung Tomo untuk bangsa ini, walaupun dalam perjuangannya merobek warna biru dari bendera Belanda menjadi bendera merah putih.  Namun gelora yang ditimbulkan melebihi ekspektasi pasukan Belanda, sehingga kemenangan ada di pihak pasukan Indonesia.

           Dulu kalian dengan mengorbankan harta, tenaga dan nyawa untuk Indonesia.  Kalian tidak pernah terbersit sedikitpun untuk mendapatkan jabatan di negara Indonesia ini.  Yang ada dibenak kalian hanya ingin tanah Indonesia bebas dari penjajahan dan sang saka merah putih berkibar di seluruh nusantara.

            Sekarang Indonesiamu sedang berbenah dari semua sektor, banyak hal yang memang harus kami perbaiki.  Baik dari sisi politik, ekonomi, sosial, budaya sampai ke pertahanan dan keamanan.  Indonesiamu kini tidak lagi dijajah secara fisik (walaupun kadang masih sedikit goyang ketika perebutan tapal perbatasan), namun saat ini tekanan dan dorongan pihak luar masuk dari sisi yang lain berupa politik, ekonomi, sosial dan budaya.   

            Wahai para pahlawanku, doakan kami dari surga dan berikan kami kekuatan, untuk tetap menyatakan bahwa Indonesia masih akan tetap ada sampai kapanpun dan sang saka merah putih tetap berkibar di seantero bumi Indonesia.  Sekali lagi pahlawanku, terima kasih.


No comments:

Post a Comment